Senin, 02 Agustus 2010

KERAJINAN BAMBU DI SANGGAR LUMBUNG

         Awalnya pada tahun 1981 aku menekuni kerajinan bambu, yaitu ketika seorang expert FAO dari negara Srilangka RAJA MANTRI GUNATILAKA mengajak bergabung untuk membantu desainer dan pembinaan masyarakat di DAS Wiroko Wonogiri. Kerajinan bambu tersebut awalnya dari negara sakura Jepang, dan secara kebetulan di Wonogiri merupakan salah satu wilayah yang banyak memproduksi bambu, maka untuk menambah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar aliran sungai Wiroko dibentuklah kelompok tani dengan kegiatan kerajinan bambu. Kegiatan tersebut memberikan pekerjaan sampingan bagi para petani setelah pulang dari ladang atau sawahnya, memberi penghasilan kepada mereka sebelum masa panen tiba, sehingga petani tetap memiliki penghasilan selain pendapatan dari pekerjaan pokoknya sebagai petani.
        Pada tahun 1989 aku lanjutkan kegiatan tersebut di wilayah Bogor guna memberi kegiatan pada kelompok karang taruna. hingga tahun 1991. Dan pada tahun 2010 kerajinan bambu tersebut aku lanjutkan pada sebuah wadah sanggar di wilayah Depok, tepatnya di Sanggar LUMBUNG berlokasi di jalan Nangka Raya (ex pemancingan TOYOSAE), Depok Jaya, Pancoran Mas. 

Kerajinan bambu di sanggar Gedek dimulai sejak akhir bulan Mei 2010, sedikit demi sedikit kerajinan bambu berjalan dengan baik berkat dukungan dari teman-teman.





2 komentar:

  1. mas daniel, aku minta no telp nya donk, untuk liputan Reportase anak Indonesia tayangnya di TVRI. or call me 720 8305. thx before,

    Bunga

    BalasHapus
  2. Mas Paul, Mas Budi, Mas Kapel, yang dua orang lagi itu TKW ya ?

    BalasHapus