Senin, 19 Juli 2010

ALAM SAHABAT SETIA

       Alam sebagai karunia dan anugrah tak terhingga dari Yang Maha Esa, memberikan segala apa yang kita butuhkan dalam kehidupan kini, esok maupun nanti. Maka sudah suatu kwajiban bagi kita sebagai manusia untuk menjaga alam tersebut tetap kan lestari agar mempunyai manfaat yang berkesinambungan.
      Negeri Indonesia mempunyai alam begitu kaya dengan berbagai potensinya, dimana potensi-potensi tersebut bila dikelola dengan benar akan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita sekalian. Aneka tumbuhan dan satwa hidup dan berkembang di negeri kita yang tercinta ini, selain itu banyak memberikan keindahan ataupun jasa lain yang tidak kalah pentingnya dengan potensi satwa maupun tumbuhan yang ada.  Yang jelas alam telah menyediakan aneka manfaat yang berguna untuk kepentingan bangsa dan negara ini.
       Sebagai bangsa yang sadar akan karunia tersebut tentunya selalu berupaya berdialog dengan alam sekitarnya, karena iapun mahluk yang memiliki sebagian kehidupan seperti kita ini. Diharapkan dapat saling mengisi, dan tentunya manusia yang sudah dibekali lebih dari mahluk lain yaitu pikiran, perasaan dan kemauan. Dapat menyadari kelebihan tersebut untuk mendekat ke alam dengan segala apa yang ada di dalamnya sebagai potensi yang dapat dikelola dengan benar dan bersahabat untuk kehidupan bersama. Keharmonisan diharapkan untuk mengisi kehidupan di alam ini, sehingga keseimbangan akan selalu terjaga sesuai fungsi-fungsi yang telah ditetapkan dalam hukum alam. Sesuai ekosistem yang berlaku dalam perputaran alam itu sendiri.
         Manusia, dengan segala akalnya bahkan ambisi dan emosi bisa berbuat apa saja dengan alam di sekitarnya, yang menguntungkan dalam kehidupan manusia itu sendiri. Alam pun hanya terdiam dan menerima apa yang menjadi nasibnya oleh ulah manusia yang tentunya kurang bertanggung jawab, yang hanya mementingkan ego dan ambisi tersebut. Namun di sisi  dan waktu yang yang lain terkadang disadari akan akibat semua itu, yang dibilang ketika alam kurang bersahabat dan berakibat kepada manusia itu sendiri. Bencana alam seperti longsor, kekeringan, banjir dan masih banyak bencana-bencana lain yang disebabkan oleh alam. Dengan kejadian-kejadian tersebut, manusia hanya bisa menyebut kuasaNYA !, bahkan saling menyalahkan satu sama lain atau ada juga yang menyebutnya peringatan dari Sang Pencipta hingga ada yang menyebut itu sebuah kutukan !.  
        Semua merupakan pelajaran bagi kita semua sebagai mahluk yang telah dibekali pikiran, perasaan dan kemauan. Mengambil hikmah dari semua itu, dan berfikir jauh ke depan sana tentang apa dan bagaimana alam sekitar ini dapat memberi manfaat bagi kita semua secara berkesinambungan hingga kehidupan-kehidupan yang akan datang. Bahwa kita masih mau berfikir untuk kehidupan anak turun nanti yang tetap bersahabat baik dengan alam, karena manusia pada dasarnya tidak akan lepas begitu saja dengan kehidupan alam di sekitarnya. Bahwa alam untuk dikelola sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, baik manfaat ekologi, ekonomi dan sosial, jadi bukan untuk dikuasai dan dihabiskan potensinya sesaat kemudian mati tak membawa arti bagi kehidupan di sekitarnya maupun selanjutnya.
         Alam sahabat kita, karena dimana pun kita berada dan kemana pun kita pergi tentunya tidak terlepas dengan kehidupan alam itu sendiri. Dan kita harus benar-benar menyadari akan potensi alam yang telah memberi banyak dalam kehidupan kita ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat alam bagi kehidupan sekitar memang tidak dapat dipungkiri, alam memang sahabat setia walau jaman telah banyak berubah dengan aneka teknologi maju yang semakin berkembang dan canggih oleh kemampuan akal dan pikiran manusia. Kesetiaan alam begitu tulus dan iklas kepada kita, bahkan tidak peduli dengan apa yang sudah kita lakukan terhadap alam itu sendiri, semua terasa berjalan dengan begitu cepatnya.
        Alam, kou begitu indah dan mengagumkan, cantik menawan penuh keajaiban dan pesona yang tersimpan dalam benak keagunganmu. Dan kou tebarkan pesona itu untuk kita semua, hingga terasa nyaman, segar dan memberiku banyak inspirasi dalam menempuh perjalanan hidup maupun kehidupan ini. Terlebih untuk sebuah karya dalam kegiatan seni yang dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitarmu.
        Pemerintah dengan programnya pemberdayaan masyarakat, antara lain pengelolaan dan pemanfaatan alam dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Hutan, yang kini dalam permasalahan oleh karena masa lalu memberikan banyak inspirasi dalam pemulihan kembali fungsi-fungsinya. Masyarakat yang berada di dalam dan di sekitar hutan memang sejak dulu banyak menggantungkan kehidupannya dari potensi hutan yang berada di sekitarnya tersebut. Kerusakkan selama ini memang salah satunya disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri yang tidak memperhitungkan kelanjutan lingkungan di masa yang akan datang. Memanfaatkan tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu secara matang dengan segala akibatnya, sehingga banyak terjadi degradasi lahan maupun deforestasi di berbagai wilayah negeri ini. Hutan semakin terpuruk saat menjelang dan mengisi abad 21, dan sorotan semakin tajam dengan apa yang terjadi dalam alam hutan kita ini, hingga pemanasan global dunia secara miring menjatuhkan vonis disebabkan oleh rusaknya hutan dan alam di Indonesia.
         Hutan Indonesia yang merupakan salah satu terluas di dunia, dan merupakan megabiodiversity dengan aneka kekayaan flora dan faunanya, mendapat musibah dengan aneka bentuk pemanfaatan yang berlebih di luar kemampuan alam itu sendiri dalam memberi kehidupan sejagat manusia. Sehingga alam mengalami kepudaran dan warna pun lembayung lesu dalam kepucatan sinar mentari.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar